Pembangunan IKN Jadi Janji Prabowo

Pembangunan

Pembangunan IKN Jadi Janji Prabowo

Pembangunan
Pembangunan IKN Jadi Janji Prabowo

LatestNews, Presiden terpilih periode 2024-2029 Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto berjanji dapat merampungkan proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Prabowo meyakinkan pembangunan IKN yang dimulai di pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak dapat mangrak.

Hal ini disampaikan Prabowo kepada wartawan sebelum menghadiri sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda IKN, Senin (12/8/2024). Prabowo berbicara perihal selanjutnya di depan Jokowi dan para kabinet Indonesia Maju lainnya.

“Saya kira sudah beberapa kali saya sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan jika bisa merampungkan (pembangunan IKN) ya,” kata Prabowo di Kawasan Embung MBH IKN, Senin.

Menurut dia, Jokowi sudah menyita keputusan bersejarah bersama dengan menginisiasi pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Untuk itu, Prabowo berkomitmen melanjutkan dan menyelesaikannya.

“Pak Jokowi saya kira sudah menyita peran peristiwa beliau yang inisiasi, minimal saya lanjutkan jika bisa saya turut yang menyelesaikan,” ujarnya.

Menteri Pertahanan itu menyadari bahwa IKN merupakan proyek besar yang tak bisa selesai didalam waktu cepat. Namun, Prabowo meyakini kegunaan IKN sebagai ibu kota negara bisa berlangsung didalam tiga th. ke depan.

“Walaupun kita menyadari pembangunan ibu kota itu bukan pekerjaan yang sebentar ya, pekerjaan yang lama, yang berat. Tapi saya percaya didalam 3, 4, 5 tahun, kegunaan daripada ibu kota ini sudah bisa berlangsung ya,” jelasnya.

“Saya kira jika kita lihat, optimis ya dan nanti dapat tampak betapa kegunaan daripada pindahan ini walau nanti pastinya banyak yang masih mesti kita kerjakan,” sambung Prabowo Subianto.

Ini yang Akan Dibahas Jokowi didalam Rapat Kabinet Perdana di IKN

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Jokowi menyebutkan tersedia sejumlah perihal yang dapat dibahas bersama dengan para menteri menjadi dari, pembangunan IKN hingga persiapan transisi pindahan ibu kota negara.

“Ya yang pertama, kita dapat menyebutkan ulang perihal IKN. Yang kedua, yang berkenaan bersama dengan PMI (atau) Purchasing Management Index,” kata Jokowi kepada wartawan di Kawasan Embung MBH IKN, Senin (12/8/2024).

“Yang ketiga, masalah yang lain-lain yang sebenarnya untuk keberlanjutan ini apa, transisi ini apa yang mesti disiapkan oleh seluruh kementerian. Itu aja kira-kira,” sambungnya.

Adapun sidang kabinet ini dihadiri Wapres Ma’ruf Amin, Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan para menteri kabinet lainnya.

Selain itu, Jokowi dapat jalankan groundbreaking atau peletakan batu pertama sejumlah proyek infrastruktur. Salah satunya, grounbreaking Istana Wakil Presiden.

“Ada ground breaking beberapa. Dari investor termasuk termasuk Istana Wapres dapat digroundbreaking oleh Pak Wapres,” ujarnya.

Perdana ke IKN, Wapres Langsung Pimpin Doa

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin tiba di Swissotel Nusantata, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Minggu sore (11/08/2024) kira-kira pukul 18.00 WITA.

Diketahui, ini adalah kali pertama Ma’ruf berkunjung ke Ibu Kota Negara Indonesia yang baru. Saat menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di tanah IKN, Ma’ruf segera memanjatkan doa yang diaminkan oleh para pejabat dan rombongan yang menyertainya.

Dikutip dari info tertulis, Ma’ruf menengadahkan ke dua tangan memimpin doa bersama. Doa yang dipanjatkan untuk keberkahan dan keselamatan pemerintah yang dapat tempati pusat pemerintahan baru, dan termasuk bangsa Indonesia yang sudah menorehkan peristiwa baru.

Ma’ruf menghendaki semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, tetap meridai segala pencapaian bangsa Indonesia, dan juga terus menganugerahkan keberkahan dan kemakmuran kepada seluruh rakyat Indonesia.

Dalam kunjungan ini, Ma’ruf dapat jalankan sejumlah aktivitas kerja, termasuk jalankan peletakan batu pertama (groundbreaking) kawasan Istana Wakil Presiden di IKN dan menghadiri Sidang Kabinet Paripurna yang dapat dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Ikut Sidang Kabinet Perdana di IKN

Ma’ruf Amin dan rombongan di awalnya tinggal landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta manfaatkan Pesawat Khusus Kepresidenan Bae-RJ 85 kira-kira pukul 13.00 WIB menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kaltim.

Setibanya di Balikpapan, Ma’ruf dapat disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni beserta segenap bagian Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kaltim. Demikian dikutip dari Antara, Minggu.

Usai beristirahat sejenak, Ma’ruf dan rombongan lantas segera beranjak ke IKN. Pada malam di hari yang sama, pukul 20.00 Wita, Wapres diagendakan ikuti acara makan malam bersama dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para menteri Kabinet Indonesia Maju di Plaza Ceremony, Sumbu Kebangsaan. Selanjutnya, Wapres dapat bermalam di Swissotel Nusantara.

Pada keesokan harinya, Senin 12 Agustus 2024 pukul 09.30 Wita, Wapres dijadwalkan ikuti sidang kabinet paripurna bersama dengan Presiden dan para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda. Sidang kabinet selanjutnya dapat mengulas saran Presiden perihal “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

LatestNews