Kabinet Prabowo-Gibran Dapat Jatah

Kabinet Prabowo-Gibran Dapat Jatah

Kabinet
Kabinet Prabowo-Gibran Dapat Jatah

LatestNews, Kabinet – Partai Demokrat dikabarkan mendapat jatah empat menteri di Kabinet Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka.

Terkait perihal tersebut, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya menyebut, pembahasan berkenaan kuantitas menteri belum final dan masih sangat dinamis.

“Masih kami tunggu, belum final. Masih di dalam pembicaraan,” kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Meski demikian, Riefky mengaku pihaknya sudah mengirim nama-nama kader terbaik partai untuk masuk di dalam pemerintahan presiden Prabowo Subianto.

“Sudah ada nama-nama kader terbaik Demokrat yang sudah diberikan ke Pak Prabowo. Nanti kami menunggu saja,” ungkap dia.

Menurut Riefky, saat ini proses pembicaraan kabinet masih tetap berlangsung antara Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama dengan Prabowo Subianto.

“Kita serahkan, kami serahkan seluruh ke Pak Prabowo. Ya komunikasi Pak SBY bersama dengan Pak Prabowo, Mas AHY bersama dengan Pak Prabowo termasuk masih berjalan. Masih tetap komunikasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Terpilih RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto menargetkan bakal selesaikan susunan kabinet terhadap H-5 sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terhadap 20 Oktober 2024 mendatang.

Hal berikut layaknya disampaikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Dasco mengungkapkan pembahasan menteri menjadi agak lama lantaran banyak pihak yang masuk dan menarik diri.

Fokus ke Satu Bidang

“Nama-nama terlebih dari parpol yang proporsinya tidak sangat lebih besar daripada yang profesional nah ini masih sesudah itu ada yang masuk ada yang tarik sehingga mungkin fix final kabinet itu agak lama ya,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 30 September 2024.

Kemudian, sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan kuantitas kementerian/lembaga di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, jumlahnya bakal lebih banyak ketimbang pemerintahan sebelumnya, gara-gara fokus ke satu bidang tertentu.

Muzani menyebut, Prabowo mengidamkan tiap tiap kementerian fokus ke satu bidang sehingga tidak lagi ada kementerian yang mengurusi banyak bidang.

“Jumlah banyak itu kan gara-gara ada bidang-bidang yang dirangkap di dalam satu kementerian. Oleh Pak Prabowo, gara-gara mengidamkan ada pemfokusan terhadap program terhadap bidang itu maka kementerian itu dipecah,” kata Muzani, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu 25 September 2024.

Tiga Kriteria Calon Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Amzar Simanjuntak, mengungkapkan terkandung tiga beberapa syarat bagi calon menteri yang bakal duduk di kabinet pemerintahan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka.

“Pak Prabowo memberi tambahan kesempatan bagi siapa pun yang mengidamkan berkontribusi di dalam pemerintahan jikalau sanggup mencukupi syarat yang diberikan Pak Prabowo,” kata Dahnil saat ditemui usai acara Deklarasi Ormas dan Pengukuhan Pengurus Besar Matahari Pagi Indonesia di Jakarta, Sabtu 28 September 2024 layaknya dilansir Antara.

Ia membeberkan, ketiga beberapa syarat tersebut, yaitu pertama, calon menteri di dalam kabinet harus punyai integritas, bersamaan bersama dengan prinsip Prabowo yang mengidamkan memberantas korupsi.

Kedua, harus punyai kompetensi. Menurut Dahnil, sejak awal Prabowo mengidamkan membentuk kabinet zaken atau kabinet menteri yang mengurus beraneka perihal tertentu di dalam pemerintahan, sehingga calon menteri Prabowo nantinya harus punyai kompetensi.

Selanjutnya beberapa syarat ketiga, yaitu harus loyal. Dia mengatakan kesetiaan penting bagi Prabowo, gara-gara Ketua Umum Partai Gerindra berikut mengidamkan meyakinkan kapten di dalam koalisi pemerintahan merupakan Prabowo.

“Dengan Pak Prabowo sebagai panglima, mereka yang menjadi menteri Pak Prabowo harus tegak lurus bersama dengan beraneka agenda pembangunan yang sudah dibikin Pak Prabowo,” ucap dia.

LatestNews